Adu Tajam Asus ZenFone 4s Vs Xiaomi Redmi 1S

Advertisement
loading...
Adu Tajam Asus ZenFone 4s Xiaomi Redmi 1S - Berdampingan, dimensi keduanya bisa dikatakan sama, Namun bobot ZenFone 4s terasa lebih ringan. Zenfone 4s terkesan cantik dengan aksen tekstur lingkaran konsentris di sisi bawah layar, Redmi 1S tamil polos saja. Meski begitu, format pewarnaan keduanya serupa, hitam pada bagian depan dan wara solid pada bagian belakang. Selain casing biru seperti yang SINYAL pegang. Asus punya casing hitam, putih, merah, dan kuning untuk Zenfone 4s. Sejauh ini Redmi 1S yang masuk Indonesia baru casing hitam. Secara global, sebenarnya ada pula casing putih dan merah.

Asus ZenFone 4s Xiaomi Redmi 1S

Layar 4,7 inch Redmi 1S pastinya lebih luas dibanding 4,5 inch Zenfone 4s. Tergantung kebutuhan, sebagian orang mungkin menganggap perbedaanya tak signifikan. Warna tampil alami dan detil tampil tajam pada keduanya. Redmi 1S punya pengaturan otomatis untuk brightness, Zenfone 4s tidak. Sama-sama terasa gegas, Zenfone 4s didukung 5 titik sentuh, sementara Redmi 1S memiliki 10 titik sentuh. Zenfone 4s pakai layar Corning Gorilla Glass 3 yang tahan gors dan teknologi Corning Native Damage Reistance yang diklaim memperkaya densifikasi permukaan dan memperkecil kemungkinan retak samping. Redmi 1S mtak membekali fitur khusus untuk layar. Zenfone 4s dilengkapi Reading mode. Disisi lain, Redmi 1S punya Color Temperature & saturation , sampai Prevent Pocket Dials untuk optimasi layar.

Kinerja
Secara umum, benchmark Redmi 1S menampakkan angka lebih tinggi Sepertinya kombinasi Android Kitkat + dual core 1,2 Ghz Intel Atom memang harus mengaku kalah dari Android Jelly Bean + quad core 1,6 GHz Qualcomm Snapdragon. Terlepas dari benchmark, keduanya terholong mulus mnjalankan aktifitas yang dibebankan. Termasuk ketika main game. memang sesekali muncul lag, namun masih bisa ditolerir. Storage keduanya setara, sama 8 GB dengan tambahan slot microSD yang sama-sama dukung 64 GB. Zenfone 4s dilengkapi power management ada ultra saving mode, Optimized mode dan Customized mode. Redmi 1S tak punya pengaturan ini. Meski begitu, dalam kondisi setara, daya tahan baterai Redmi 1S tampaknya lebih lama rataan 8 jam versus rataan 7 jam Zenfone 4s.

Selain faktor kapasitas lebih besar (2000 mAh versus 1750 mAh milik Zenfone 4s). Menurut SINYAL banyaknya aplikasi bawaan Zenfone 4s yang otomatis aktif di latar yang membocorkan baterai. Zenfone 4s membawa audio wizard, my Asus, party link, PC link, power saver, quick memo, remote link, share link, splendid, stoy, super note, webstorage, whats next, do it later, sampai omlet chat yang khas Asus. lalu ada pula amazon kindle, zinlo, facebook, flipoard dai pihak ketiga, serta flashlight, recorder, weather, sampai drive dari google.. Pada Redmi 1S ada Mi Cloud, security, notes, mitalk yang khas dari Xiaomi, facebook, wps office dari pihak ketiga serta recorder, torch, compass, weather, sampai drive dari google.
Zenfone 4s mengombinasi ZenUI dengan Android KitKat. Tiga jendela home default memasukkan folder Asus dan ZenLink, serta widget whats next. Jendela home bisa ditambah sampai maksimal 7 jendela. Redmi 1S melapiskan  MIUI 5 diatas Android Jelly Bean. Belum diketahui apakah akan ada upgrade ke Android KitKat. yang jelas, XIaomi tengah mempersiapkan MIUI 6 meski juga belum diketahui apakah Redmi 1S juga kecipratan. Beda dari standar jendela Android, jendela Home dan jendela jajaran aplikasi berdampingan. Pengguna iPhone psti akab dengan format begitu. Jumlah jendela tersebut bisa ditambah sampai tak terbatas.

Multimedia

Seperti Zenfone 5, speaker zenfone 4s merentang di bagian belakang disisi bawah. BEdanya, disini speakernya persisi dilekuk bodi. Secara desain sebetulnya speaker tidak ketuupan ketika handset digeletakan terlentang. Namun semburan bunyi nyatanya masih sering memberi kesan teredam, apalagi ketika handset digenggam. Speaker Redmi 1S nyempil dekat tepi bodi, sejajaran kamera utama. Speaker dilekuk bodi membuat suara terkesan teredam ketika hndset tergeletak; kondisinya malah lebih baik ketika handset digenggam. Menjajal volume tertinggi, warna nada dan kejernihan semburan suara dari speaker Zenfone 4s maupun Redmi 1S terdengar merdu, sama berbekal equalizer.
Ada 12 opsi (termasuk normal dan user) pada equalizer, plus bass boost dan surraound sound bila earset cocok. Zenfone 4s sediakan Music maupun Play Music, sebagai pemutar lau, Redmi 1S hanya sediakan Play Music, Equalizer bisa diakses dari aplikasi-aplikasi tersebut. Zenfone 4s maupun Redmi 1S mengharuskan earset tercolok agar FM Radio aktif. Fitur di Redmi 1S lebih menarik, dengan adanya perekam dan sleep timer. Zenfone 4s tak punya apa-apa.

Kamera

Sama-sama membekali 8 MP untuk kamera utama, f2.0 membuat lensa Zenfone 4s lebih terbuka terhadap cahaya sehingga seharusnya lebih bagus untuk kodisi minim cahaya. Apalagi Zenfone 4s dibekali PixelMaster yang sudah membuktikan kemampuan pemotretan low-lightnya mampu bersaing dengan teknologi foto lain.

Harga Zenfone 4s : Rp. 1,6 jutaan
Harga Redmi 1S : Rp. 1,5 jutaan.
Advertisement
loading...
Adu Tajam Asus ZenFone 4s Vs Xiaomi Redmi 1S | Ryan Rohidin | 5